Minggu, 03 Mei 2015

Extended Marketing Mix Nestle


MARKETING CLASS
Lecturer

Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc. (
www.ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id, www.sumarwan.staff.ipb.ac.id, sumarwan@mb.ipb.ac.id)
Dr. Ir. Hartoyo, M.Sc.
Dr. Ir. Dodik Nur Rachmat, M.Sc.F.
Dr. Kirbandoko, M.S.M.
Dr. Ir. Mukhammad Najib, M.M.




Extended Marketing Mix Nestle
 

   


1. Produk :
Strategi dalam pemberian merk menggunakan strategi Nama perusahaan yang dikombinasikan dengan merk produk individual (Buku Pemasaran Strategik  hal. 57). Nestle adalah satu perusahaan makanan ternama di dunia. Perusahaan ini memproduksi beragam makanan dan minuman yang dikelompokkan dalam : Baby foods, Bottled water, Cereals, Chocolate & confectionery, Coffee, Culinary chilled & frozen food, Dairy, Drinks, Food Service, Healthcare nutrition, Ice cream, Petcare, dan Weight management. 



2. PRICE :

Dalam menetapkan harga Nestle berorientasi pada persaingan (Buku Pemasaran Strategik, Editor Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, MSc, hal.76). Tujuan dari penetapan harga ini agar :
      a. Dapat menyaingi pesaing
Nestle akan memberlakukan harga sesuai dengan harga yang berlaku di pasar, dengan maksud agar tingkat kompetitive menjadi ketat sehingga masyarakat di tawarkan pada pilihan yang lebih menarik. Harga yang ditawarkan adalah harga yang tepat dan selalu disesuaikan dengan perkembangan harga di pasaran.
b. Persaingan bukan harga
Nestle berusaha menghindari persaingan harga dengan tidak menurunkan harga produk, karena penurunan harga produk biasanya akan diikuti oleh penurunan harga dari produk pesaing. Untuk menarik nasabah Bank Muamalat menawarkan program hadiah dan cinderamata, serta pada periode menawarkan program diskon belanja penggunaan kartu ATM/debet. 

         c. Kepemimpinan kualitas produk Dengan tag-line “Good Food, Good Life” Nestle berusaha agar produknya dipandang dan dipersepsikan sebagai produk yang berkualitas untuk kehidupan yang lebih baik.
 



3. PLACE
Dalam memasarkan dan melayani nasabah, perusahaan harus melakukan pertukaran antara biaya distribusi, pelayanan konsumen, dan penjualan. Dimana sebagian konsumen meyukai pelayanan yang sangat baik dengan biaya yang relatif rendah atau terjangkau (Buku Pemasaran Strategik, Editor Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, MSc, hal 101). Nestle telah memiliki pabrik di 86 negara dan beroperasi di 197 negara diseluruh dunia.


    

    

4. PROMOTION
Salah satu strategi pemasaran yang dilakukan adalah komunikasi hubungan masyarakat dan publisitas yaitu mode komunikasi untuk membangun citra perusahaan yang intensif dengan berbagai pemangku kepentingan sehingga dapat mempengaruhi secara positif cara pandang mereka terhadap perusahaan (Buku Pemasaran Strategik, Editor Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, MSc, hal.143). Secara rutin Nestle mengagendakan kegiatan sosial melalui program CSV perusahaan mengkomunikasikan berbagai kegiatan sosial sebagai pendekatan integran dan tanggung jawab sosial kepada masyarakat.   



 
   




5. PROCESS
Dengan mengoptimalkan semua fungsi dalam alur proses Supply Chain  dimulai dari fungsi pengembangan produk, pemilihan supplier, penerimaan bahan baku, penyimpanan bahan baku di gudang, proses produksi dan penyimpanan barang jadi. Nestle menjamin produk-produk yang dihasilkan dan dipasarkannya adalah halal, berkualitas dan memenuhi kebutuhan konsumen akan aspek Nutrisi, Kesehatan dan Keafiatan. Dalam mengidentifikasi kebutuhan konsumen, dan kemudian menentukan segmen konsumen berdasarkan kebutuhannya. Apa yang diinginkan konsumen dari jasa yang diberikan oleh saluran distribusi ? ada enam hal yang dibutuhkan oleh konsumen dan keenam hal tersebut harus merupakan output dari jasa yang dihasilkan saluran distribusi, yaitu Jumlah produk yang dapat dibeli konsumen, waktu tunggu dan pengiriman baran, Kenyaman ruang, Keragaman produk dan Dukungan layanan (Buku Pemasaran Strategik, Editor Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, MSc, hal.108). Nestle menjawab semua tantangan itu melalui varian produk yang ditawarkan seperti Baby foods, Bottled water, Cereals, Chocolate & confectionery, Coffee, Culinary chilled & frozen food, Dairy, Drinks, Food Service, Healthcare nutrition, Ice cream, Petcare, dan Weight management

    



6. PEOPLE
Nestle Indonesia adalah anak perusahaan Nestle S.A, yang berpusat di Vevey, Swiss dan telah beroperasi selama hampir 150 tahun. Sebagai Perusahaan gizi, kesehatan dan keafiatan terkemuka di dunia, Nestle mulai beroperasi di Indonesia tahun 1971.
Nestle Indonesia kini mempekerjakan lebih dari 3.300 orang karyawan dan tersebar di 4 pabrik yaitu pabrik pengolah susu seperti Dancow dan Bear Brand di Kejayan Jawa Timur; Pabrik pengolah kopi instan seperti Nescafe di Panjang Lampung; Pabrik kembang gula seperti Fox’s, Polo dan Crunch di Cikupa Banten; serta Pabrik di Karawang Jawa Barat yang memproduksi Milo dan Cerelac.
Agar dapat melayani pasar secara secara efektif, target marketing dapat dilakukan melalui tiga tahap pokok yaitu tahap segmentasi pasar (marketing segmentation), tahap membidik pasar (market targetting) dan tahap pemosisian pasar (market posisioning) (Buku Pemasaran Strategik, Editor Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, MSc, hal.33).





7. PHYSICAL ENVIRONMENT
Kepedulian Nestle terhadap lingkungan juga direfleksikan dalam bentuk sosialisasi pengetahuan tentang pemanfaatan sumberdaya alam secara bijaksana sesuai kebutuhan, agar kelangsungan hidup jangka panjang menjadi lebih baik dan terjaga. Beberapa program yang dilaksanakan diantaranya Menciptakan manfaat bersama di Nestle; Gizi dan Kesehatan; Air dan Lingkungan Hidup; dan Pengembangan Pedesaan dan Pengembangan Masyarakat. (Buku Pemasaran Strategik, Editor Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, MSc, hal.108).




3 komentar: